Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Minta BPK Audit BI, Agus Marto Sebut Itu Tak Buat Persepsi Baik

Kompas.com - 02/10/2015, 16:18 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menganggap wacana yang dilemparkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), terkait perlunya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit kepada BI miliki konsekuensi yang negatif.

Menurut Agus, persepsi pasar kepada otoritas moneter akan buruk. "Dan wacana bahwa BI mau diaudit itu tidak membuat persepsi baik. Itu malah membuat orang bertanya-tanta mengapa otoritas moneter mau dilakukan audit," ujar Agus di Kantor BI, Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Menurut Agus, pelemahan rupiah yang terus terjadi saat ini tak hanya disebabkan faktor eksternal yaitu ketidakpastian suku bunga AS dan pelemahan ekonomi Tiongkok. Persepsi pasar kepada pemerintah yang tak baik juga dinilai sebagai salah satu penyebabnya.

Oleh karena itu, mantan Menteri Keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengatakan, perlunya membangun kepercayaan kepada pasar di tengah kondisi saat ini. Sementara wacana audit kepada BI dinilai tak sesuai dengan semangat tersebut.

"Jadi saya titip ayo kita semua bangun persepsi positif karena tantangan besar tapi Indonesia dalam keadaan yang baik dan menuju yang lebih baik," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto menyatakan bakal meminta Komisi DPR yang membidangi keuangan dan perbankan untuk berembuk dengan Badan Pemeriksa Keuangan guna membahas rencana pemeriksaan khusus terhadap Bank Indonesia.

Politisi Golkar itu menyoroti persoalan anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com