DPR Minta BPK Audit BI, Agus Marto Sebut Itu Tak Buat Persepsi Baik

Kompas.com - 02/10/2015, 16:18 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SGubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menganggap wacana yang dilemparkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), terkait perlunya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit kepada BI miliki konsekuensi yang negatif.

Menurut Agus, persepsi pasar kepada otoritas moneter akan buruk. "Dan wacana bahwa BI mau diaudit itu tidak membuat persepsi baik. Itu malah membuat orang bertanya-tanta mengapa otoritas moneter mau dilakukan audit," ujar Agus di Kantor BI, Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Menurut Agus, pelemahan rupiah yang terus terjadi saat ini tak hanya disebabkan faktor eksternal yaitu ketidakpastian suku bunga AS dan pelemahan ekonomi Tiongkok. Persepsi pasar kepada pemerintah yang tak baik juga dinilai sebagai salah satu penyebabnya.

Oleh karena itu, mantan Menteri Keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengatakan, perlunya membangun kepercayaan kepada pasar di tengah kondisi saat ini. Sementara wacana audit kepada BI dinilai tak sesuai dengan semangat tersebut.

"Jadi saya titip ayo kita semua bangun persepsi positif karena tantangan besar tapi Indonesia dalam keadaan yang baik dan menuju yang lebih baik," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto menyatakan bakal meminta Komisi DPR yang membidangi keuangan dan perbankan untuk berembuk dengan Badan Pemeriksa Keuangan guna membahas rencana pemeriksaan khusus terhadap Bank Indonesia.

Politisi Golkar itu menyoroti persoalan anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.