Agustus 2016, Pabrik Gula Senilai Rp 1,5 Triliun Beroperasi di Banyuwangi

Kompas.com - 05/10/2015, 05:47 WIB
Pabrik gula Glenmore senilai 1,5 triliun rupiah rencananya akan beroperasi Agustus 2016 dengan target pengoperasian 6000 ton tebu per hari Ira Rachmawati / Kompas.com / Banyuwangi Pabrik gula Glenmore senilai 1,5 triliun rupiah rencananya akan beroperasi Agustus 2016 dengan target pengoperasian 6000 ton tebu per hari
|
EditorBayu Galih

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pabrik gula senilai 1,5 trilun di Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, direncanakan beroperasi pada Agustus 2016. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Industri Gula Glenmore Ade Prasetyo.

"Pabrik gula beroperasi dan giling perdana pada Agustus 2016 dengan target 6.000 ton tebu per hari. Nanti akan dikembangan menjadi 8000 ton per hari pada tahun 2018," ujar Ade kepada Kompas.com, Minggu (4/10/2015).

Ade menjelaskan, saat ini pembangunan pabrik sudah mencakup 35 persen dengan luas 103 hektar, yang terdiri dari pabrik, fasilitas umum dan fasilitas sosial. "Pabrik gula ini nantinya akan menyerap sekitar 10 ribu pekerja baru dan sekitar 500 pekerja baru di pabrik," kata dia.

Selain itu, pabrik yang akan menjadi percontohan pabrik modern tersebut akan memanfaatkan limbah yang ada, sehingga aman untuk lingkungan.

"Tidak ada asap dan debu yang dihasilkan dari pabrik gula ini.ttermasuk tetes tebu juga akan dimanfaatkan. Limbah akan dirubah menjadi biogas, pupuk organik termasuk juga untuk makanan ternak. Semua dimanfaatkan tidak ada yang terbuang," ujar Ade.

Sementara itu, Direktur Produksi PTPN 12 Suwarno, kepada Kompas.com menjelaskan ada 7.000 hektar lahan tebu yang berada di wilayah PTPN 12 dan 5.000 hektar ada wilayah Banyuwangi. Sedangkan pabrik gula Glenmore membutuhkan sekitar 9.000 hektar tanaman tebu.

"Nanti kebutuhan tebu akan diambil dari induk PTPN 12 dan sisanya kami akan ambil dari petani lokal yang ada di Banyuwangi. Kami juga sudah mensosialisasikan kepada petani untuk beralih menanam tebu," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, menurut Suwarno, terdapat 54 pabrik gula yang ada di Indonesia. Jika telah beroperasi, maka pabrik gula Glenmore akan menjadi percontohan untuk pembangunan pabrik gula selanjutnya. "Rencananya akan ada 10 pabrik gula yang akan dibangun di "seluruh wilayah Indonesia," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.