Bangun Pabrik Baru, 16 Perusahaan Akan Investasi Rp 18,9 Triliun

Kompas.com - 05/10/2015, 17:05 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
TANGERANG, KOMPAS.com - Sebanyak 16 perusahaan industri padat karya akan segera membangun pabrik dan menyerap tenaga kerja baru hingga lima tahun mendatang. Tenaga kerja yang mampu diserap mencapai 121.285 hingga tahun 2019.

"Sebanyak 16 proyek perusahaan padat karya 16 perusahaan siang hari ini telah berpartisipasi untuk investasi dan tetap percaya bahwa Indonesia adalah tempat yang tepat untuk investasi," ujar Kepala BKPM Franky Sibarani dalam acara peluncuran program investasi padat karya di Tangerang, Senin (5/10/2015).

Sebanyak 11 perusahaan itu berasal dari penanaman modal asing (PMA) dari Korea Selatan, Tawain, Jepang, dan Singapura. Sisanya, merupkana perusahaan yang berasal dari penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Nilai total investasi keenam belas perusahaan itu mencapai mencapai Rp 18,9 triliun. Perusahaan-perusahaan itu adalah PT Chang Shin Reksa Jaya, PT. Adis Dinamika Sentosa, PT Feng Tay Indonesia Enterprise, PT Parkland World Indonesia, PT Selalu Cinta Indonesia, PT Seng Dam Jaya Abadi (industri kulit, barang dari kulit, dan sepatu).

Perusahaan lainnya adalah PT Sri Rejeki Isman, PT Jaya Perkasa Textile, PT Rayon Utama Makmur, PT Nesia Pan Pacific Clothing, PT Eco Smart Garment Indonesia, PT Delta Merlin Dunia Textile, PT Delta Merlin Sandang Textile, PT Apparel One Indonesia, dan PT Jaya Perkasa Textile (industri tekstil). Ada pula perusahaan industri makanan dan minuman, PT Kaldu Sari Nabati.

Franky menjelaskan seluruh pabrik baru itu akan dibangun di Bandung, Cianjur, Garut, Majalengka, Sumedang, Boyolali, Jepara, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Salatiga, dan Semarang. "Ini memang anomali. Penyerapan tenaga kerja masih tinggi tapi di sisi lain industrinya yang menutup," sindir Franky.

Untuk menjaga investasi tetap mengalir, Franky menyebutkan BKPM akan memantu memfasilitasi segara kesulitan industri. "Kami melihat, masih banyak industri butuh tenaga kerja seperti yang hadir siang hari ini," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.