Kompas.com - 07/10/2015, 11:21 WIB
Buruh dari berbagai elemen melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Istana Negara, Jakarta, Senin (1/9/2015). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOBuruh dari berbagai elemen melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Istana Negara, Jakarta, Senin (1/9/2015).
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyatakan, akan segera mengeluarkan rumus dasar penghitungan upah minimum. Pemerintah pun mengklaim sudah menyelesaikan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengupahan yang menjadi dasar hukum penentuan rumus tersebut.

"Sudah selesai semua," kata Darmin Nasution, Menteri Koordinator Perekonomian mengatakan, Selasa (6/10/2015) malam.

Sayang, Darmin belum bersedia mengungkap secara jelas mengenai komponen yang akan dimasukkan ke dalam rumus penghitungan upah tersebut. Dia mengatakan, rumus tersebut akan diumumkan Kamis (8/10/2015) besok.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengatakan, pemerintah menjamin formula pengupahan yang ditetapkan pemerintah akan menguntungkan dan memberikan kepastian baik bagi pengusaha maupun pekerja.

 "Intinya akan sesuai undang-undang, buruh juga tidak perlu khawatir, kenaikan buruh akan terjadi setiap tahun, pengusaha juga akan mendapatkan kepastian mengenai besaran kenaikan," katanya. (Agus Triyono)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.