Rizal Ramli: Paket Kebijakan Jangan untuk Pengusaha Doang

Kompas.com - 08/10/2015, 14:21 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mengapresiasi paket kebijakan ekonomi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Pasalnya, paket kebijakan itu sudah mulai menyasar masyarakat, tak hanya para pengusaha.

"Paket-paket ini semakin lama semakin tajam, semakin fokus, dan makin ada dampaknya. Memang mungkin besarnya bisa diperdebatkan, nilainya bisa diperdebatkan. Tapi yang penting sudah ada niat agar rakyat juga merasakan, jangan hanya paket untuk pengusaha doang," ujar dia di Balai Sudirman, Jakarta, Kamis (9/10/2015).

Salah satu poin yang disorot Rizal adalah penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Namun, dia enggan menjawab pertanyaan perihal tak turunnya harga premium. "Dengan penurunan ini, (solar) membantulah. Memang tidak sebesar yang diharapkan. Mudah-mudahan tahap berikutnya ada manfaat yang lebih besar untuk rakyat," kata dia.

Seperti dikutip dari siaran pers Humas Kementerian Koordinator Perekonomian, paket kebijakan ekonomi tahap III mencakup tiga wilayah kebijakan.

Pertama, penurunan tarif listrik dan harga BBM serta gas. Kedua, perluasan penerima kredit usaha rakyat (KUR). Ketiga, penyederhanaan izin pertanahan untuk kegiatan penanaman modal. (Baca: Ini Rincian Paket Kebijakan Ekonomi Jilid III)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.