Rizal Ramli: Syukur, Pemerintah Jokowi Bagi-bagi Uang...

Kompas.com - 21/10/2015, 17:55 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rixal Ramli melaporkan harta kekayaannya ke KPK, Senin (12/10/2015). Ambaranie Nadia K.MMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rixal Ramli melaporkan harta kekayaannya ke KPK, Senin (12/10/2015).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mensyukuri adanya perhatian Presiden Jokowi pada desa-desa yang merupakan penopang ekonomi nasional. Wujud nyata perhatian itu berupa dana desa yang langsung dikucurkan pemerintah untuk mendongkrak ekonomi pedesaan. "Nah, syukur mulai tahun ini pemerintahan Jokowi bagi-bagi uang pembangunan untuk desa-desa kan sehingga bisa dibangun kebutuhan dasar di situ, jalan desa, irigasi tersier, bisa untuk infrastruktur air bersih, dan sebagainya," ujar Rizal seusai mewakili Presiden Jokowi membuka acara Asia-Fasific Regional Meeting Habitat III di Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Menurut Rizal, di tengah besarnya urbanisasi masyakarat desa ke kota, pembangunan di pedesaan bisa menjadi dinding utama pencegahannya. Saat ini, berdasarkan data yang ada, persentase urbanisasi masyarakat desa ke kota mencapai 54 persen.

Perencanaan urbanisasi, kata Rizal, tak boleh hanya berkutat pada perencanaan pembangunan kota yang matang sebagai daerah yang menerima lonjakan urbanisasi. Daerah asal urbanisasi, yakni desa, harus juga mendapatkan perhatian yang besar.

Meski begitu, Rizal juga tak mengesampingkan peran perancangan pembangunan perkotaan sebagai hal yang sangat penting. Bila terlambat melakukan perancangan, nasib kota akan sama dengan Jakarta. Begitu kata dia. "Jakarta penduduknya sudah sangat banyak, fasilitas publik dan transportasinya ketinggalan. Baru tahun ini kita bangun MRT, bangun lain-lainnya," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.