Kompas.com - 23/10/2015, 14:51 WIB
Ilustrasi toko beras Jessi Carina Ilustrasi toko beras
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi penurunan harga beras di semua level, dari tingkat petani, grosir, hingga eceran sejak pekan lalu.

Menurut Kasubdit Statistik Harga Konsumen BPS, Efriza, harga beras turun satu hingga dua persen. Menurut dia, harga beras mengalami penurunan lantaran sebelumnya melambung tinggi.

Namun selain itu, produksi padi juga diperkirakan cukup, meski diakui data ini perlu verifikasi.

Di samping faktor produksi, Efriza menengarai, ada juga faktor berkurangnya aksi para spekulan, seiring dengan kepastian bahwa pemerintah sudah melakukan kesepakatan pembelian beras dari Thailand dan Vietnam.

"Mereka (spekulan) pantau dari titik produsen sampai ke konsumen. Mereka tidak bisa lagi mengambil keuntungan yang terlalu signifikan antara produsen sampai konsumen," kata dia ditemui di gedung parlemen, Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Efriza mengatakan, pihaknya melihat pemerintah saat ini lebih aware dengan risiko El Nino. Hal itu terbukti dari adanya kesepakatan pembelian beras.

Deputi Bidang Statistik Produksi, BPS, Adi Lumaksono mengatakan, kendati El Nino diperkirakan berakhir November 2015, namun dampaknya akan dirasakan sampai 2016.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mundurnya masa tanam akan membuat masa panen yang biasanya jatuh pada bulan Maret-April molor.

Pada El Nino 1997 lalu, di mana dampaknya tidak begitu besar dibandingkan tahun ini, pemerintah merealisasikan impor beras pada tahun selanjutnya yakni pada 1998.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.