BKPM Siap ‘One on One Meeting’ dengan Lima Calon Investor di Amerika

Kompas.com - 23/10/2015, 18:56 WIB
Kepala BKPM, Franky Sibarani Ambaranie Nadia K.MKepala BKPM, Franky Sibarani
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menuturkan pihaknya akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) untuk sebuah misi investasi.

BKPM akan menghadiri Investment Summit di Washington, AS, pada 26 Oktober 2015. Franky mengatakan, dalam kesempatan tersebut, dijadwalkan tatap muka atau one on one meeting dengan lima calon investor.

Mereka berasal dari tiga sektor industri yakni farmasi, manufaktur, dan makanan-minuman. “Kalau hasilkan komitmen, saya keluarkan izin prinsip di situ,” kata Franky kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Franky mengatakan, agenda Investment Summit itu rencananya akan dihadiri oleh 150 pengusaha AS.

Adapun yang akan melakukan one on one meeting dengan BKPM adalah mereka yang ingin serius membenamkan investasi baru atau perluasan di Indonesia.

Franky juga bilang, mekanisme untuk mendapatkan ‘izin prinsip di tempat’ sangat sederhana, namun tidak mengurangi substansi perizinan.

Dia bilang, dalam misi investasi itu pihaknya bakal mengantongi dan berpedoman pada dua ‘buku sakti’, yakni Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia dan Daftar Negatif Investasi.

Franky menambahkan, tidak ada batasan minimal investasi bagi calon investor untuk mendapatkan ‘izin prinsip di tempat’.

“Enam bulan setelah itu, dia melengkapi beberapa aset modal kerja. Kalau sudah alokasi, mereka sudah bisa keluar,” imbuh dia.

Namun demikian Franky masih merahasiakan nama-nama perusahaan AS yang sudah dijadwalkan melakukan one on one meeting dengan BKPM, dalam Investment Forum mendatang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.