Kompas.com - 27/10/2015, 06:07 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi
EditorErlangga Djumena
Oleh Rudiyanto
@Rudiyanto_zh

KOMPAS.com - Sebagai “menteri keuangan”, peranan ibu rumah tangga sangat penting dalam mengatur keuangan keluarga. Tidak hanya mengatur pendapatan dan pengeluaran, tetapi juga mengembangkan harta yang ada sehingga cukup untuk kebutuhan masa depan.

Salah satu cara untuk mengembangkan harta adalah melalui investasi reksa dana. Bagaimana kiat investasi reksa dana untuk ibu rumah tangga ?

Dalam mengelola keuangan keluarga, pendapatan memang penting, tapi pengeluaran lebih penting lagi. Jika tidak bisa mengendalikan pengeluaran dengan baik, gaji berapa puluh atau ratus juta per bulan juga tidak cukup.

Jangankan untuk berinvestasi reksa dana, mungkin untuk membayar tagihan kartu kredit saja hanya mampunya minimum payment.

Jadi sebelum berinvestasi di reksa dana, seorang ibu rumah tangga harus bisa mengendalikan pengeluaran dahulu. Selanjutnya memastikan kondisi keuangan keluarga berada dalam keadaan yang baik, baru pada akhirnya berinvestasi pada reksa dana. Langkah-langkah untuk melakukannya sebagai berikut.

Mengendalikan Pengeluaran
Kunci untuk mengendalikan pengeluaran adalah mencatat semua detail pengeluaran dan kemudian mengelompokkannya. Selanjutnya adalah membuat anggaran pengeluaran setiap bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pencatatan pengeluaran bisa dilakukan pada kertas atau mengumpulkan bon pengeluaran. Buat yang sudah canggih, saat ini juga sudah banyak aplikasi pada smartphone baik yang berbayar ataupun gratis yang mampu melakukan hal tersebut.

Buat pengguna aplikasi, setiap kali ada pengeluaran bisa langsung diketik atau difoto menggunakan smartphone. Di luar negeri, bahkan sudah ada aplikasi yang terhubung dengna kartu kredit dan tabungan. Jadi investor sudah tidak usah mencatat lagi karena otomatis data bisa ditarik langsung dari bank.

Keunggulan dari aplikasi adalah bahwa pengeluaran tersebut biasanya sudah ada kelompok-kelompoknya. Buat yang mencatat sendiri, sebetulnya juga tidak masalah tinggal nanti dikelompokkan sendiri.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.