Kompas.com - 10/11/2015, 13:28 WIB
Pabrik jamu Sido Muncul KONTANPabrik jamu Sido Muncul
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk terus melakukan ekspansi produk jamu dan herbal ke mancanegara.

Setelah merambah pasar Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika, Sido Muncul tengah terus berupaya dalam melakukan ekspor ke negara tetangga, yakni Filipina.

Menurut Direktur Keuangan emiten berkode SIDO tersebut, Venancia Sri Indrijati, saat ini pangsa ekspor Sido Muncul masih terbilang kecil, yakni sekitar 2 hingga 2,5 persen dari total penjualan perseroan.

Akan tetapi, perseroan akan terus meningkatkan porsi ekspor produk jamu dan herbal produksinya.

"Untuk Filipina, kami intensif melakukan proses untuk memasarkan produk. Memang butuh waktu karena tidak semudah memasarkan produk di Indonesia," ujar Venancia, Selasa (10/11/2015).

Untuk pasar ekspor yang sudah berjalan, sumbangan penjualan paling besar terjadi di kawasan Afrika, dengan produk berupa minuman energi Kuku Bima Energy menyumbang penjualan terbesar.

Selain itu, negara-negara kawasan Asia seperti Arab Saudi, Singapura, dan Malaysia pun menyumbang penjualan besar. Bahkan, beragam produk jamu Sido Muncul banyak diekspor ke negeri jiran tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Venancia menjelaskan, perseroan lebih cenderung untuk melakukan penetrasi lebih dalam ke pasar-pasar existing. Perseroan pun tengah berupaya untuk melakukan ekspor secara langsung dan tidak melalui distributor di negara tujuan.

"Untuk produk kita butuh waktu untuk pendaftaran di negara tersebut. Selama ini produk yang diekspor masih sifatnya impor oleh pedagang atau distributor di sana. Ke depan kita akan ekspor langsung dan mainstream," terang Venancia.

Untuk produk yang diekspor, Venancia menjelaskan bahwa produk dan konten sama dengan yang dipasarkan di Indonesia. Bedanya hanya dari sisi kemasan.

Ke depan, perseroan menargetkan untuk meningkatkan porsi ekspor hingga 5 persen hingga 10 persen dari total penjualan Sido Muncul.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.