Kerap Dituduh Bagian dari Mafia Minyak, Ini Kata Sudirman Said

Kompas.com - 10/11/2015, 21:19 WIB
Mentri ESDM Sudirman Said KOMPAS.com/SRI LESTARI Mentri ESDM Sudirman Said
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said adalah salah satu orang yang mendorong agar Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) dibubarkan.

Sebab, selama ini, anak perusahaan Pertamina itu disebut-sebut menjadi sarang mafia impor migas.

Namun, bukan berarti atas aksinya itu Sudirman lantas panen pujian. Dia kerap didemo dan dituding sebagai bagian dari mafia minyak. Lantas, apa kata Sudirman?

"(Sejak) tahun 2008, demonya begitu, 'Sudirman mafia minyak,'" ujar Menteri yang juga mantan Direktur Utama Pindad itu sembari tertawa seperti dikutip dari Kompas, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Saat kembali ditanya, "Sebetulnya Anda mafia atau mafia...?" Sudirman kembali tertawa. Namun, dia memberi jawaban lebih tegas. "Saya kira saya lawan (dari) mafia minyak" katanya.

Dia tak mau ambil pusing terhadap berbagai tuduhan yang mengarah kepadanya. Bagi Sudirman, tudingan-tudingan itu sudah dianggapnya hal yang biasa.

Mantan pejabat Integrated Supplay Chain (ISC) itu mengaku hanya ingin memberikan bukti kepada orang-orang yang menudingnya bahwa dirinya tak seperti yang dituduhkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Paling enak kan memberikan cermin (kepada para penuding) dan saya sudah biasa dibegitukan (dituduh mafia minyak)," ucap Sudirman.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.