Susi Targetkan Investasi Sektor Kelautan-Perikanan Capai Rp 95 Triliun

Kompas.com - 11/11/2015, 13:23 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti KOMPAS.com/Sabrina AsrilMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan dalam lima tahun ke depan, investasi yang masuk di sektor kelautan-perikanan mencapai Rp 95 triliun.

Untuk mencapai target investasi tersebut, nilai pertumbuhan ekonomi dari sektor kelautan-perikanan diharapkan mencapai tujuh persen.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, untuk membangun industri kelautan-perikanan yang kuat dibutuhkan masuknya investasi baru.

"Namun yang perlu diperhatikan, investasi yang masuk tentunya harus memperhatikan kelestarian sumber daya alam," kata Susi di Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Susi menambahkan, pencapaian target investasi tersebut masih banyak menemui kendala, seperti permasalahan tata ruang, iklim investasi yang sebelumnya ramah pada calon pemodal, serta minimnya insentif daerah.

Kendala lain, yaitu rendahnya pelayanan usaha di daerah, faktor keamanan dan minimnya sarana dan prasarana pendukung usaha. Minimnya sarana dan prasarana pendukung usaha ini menyebabkan investasi masih terpusat di titik-titik nasional.

"Seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lampung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatra Utara dan Sumatra Barat," kata Susi.

Dalam pembukaan Indonesian Fisheries Investment Forum tahun 2015, Susi berharap tumbuhnya minat calon investor untuk mengembangkan investasi di pulau-pulau lain.

Adapun bidang usaha pengolahan yang ditawarkan tercantum dalam Peraturan Menteri dan Kelautan Nomor 17/PERMEN-KP/2015.

Sebagai informasi, forum investasi tersebut dihadiri oleh 10 perwakilan Duta besar dari Amerika Serikat, Perancis, Portugal, Herman, Norwegia, Spanyol, Inggris, Denmark, Australia dan Jepang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.