Kompas.com - 11/11/2015, 15:13 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berharap perusahaan BUMN yang bergerak di sektor kelautan dan perikanan yakni PT Perikanan Indonesia (Persero) atau Perindo membantu nelayan lokal untuk memasarkan hasil tangkapan dan olahan mereka.

Hal itu dikarenakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan memberikan bantuan kepada koperasi nelayan dalam bentuk hibah 3.000 kapal tangkap.

“Kalau penjualannya kita akan dorong Perindo. Ini akan saya jadikan agen pemasaran program KKP kita,” kata Susi di Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Susi lebih lanjut mengatakan, kunci dari pemasaran itu adalah keterbukaan pasar. “Open, se-open-opennya,” kata dia.

Dia menuturkan, semakin banyak pembeli maka harga yang ikan makin baik. Di sisi lain, makin banyak kompetisi akan mendorong efisiensi. “Perusahaan yang tidak efisien akan menjadi bagus,” ungkap Susi.

Guna mendorong sektor ini, Susi juga meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan untuk memberikan insentif berupa tax allowance dan tarif 0 persen untuk bea masuk barang modal di industri pengolahan ikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.