Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Pembiayaan ke Sektor Perikanan dan Kelautan, Program Jaring OJK Digelar di Malang

Kompas.com - 13/11/2015, 12:45 WIB
MALANG, KOMPAS.com - Program pembiayaan ke sektor kelautan dan perikanan terus diperluas sebagai bagian dari program pemerintah memperkuat sektor kemaritiman.

Hari ini, Jumat (13/11/2015) program Jaring (Jangkau, Sinergi, dan Guideline) kembali digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan, perbankan dan industri keuangan non bank (IKNB) di Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang Jawa Timur.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan Program Jaring berjalan sesuai yang direncanakan.

“Jumlah bank yang mengikuti Program Jaring sejak diluncurkan Mei lalu telah bertambah lima menjadi 13 bank. Ini pertanda positif terhadap berjalannya Program Jaring ke depan sesuai dengan cita-cita Pemerintah,” katanya.

Selain itu program ini juga dinilai mampu mendorong pemahaman pelaku jasa keuangan terhadap bisnis di sektor kelautan dan perikanan. Dengan demikian kredit perbankan dan pembiayaan ke sektor ini terus meningkat.

Acara yang digelar hari ini juga dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, para direksi bank partner program jaring, maupun lembaga penjamin.

Pada tahap awal terdapat delapan bank partner jang bergabung dalam program Jaring yaitu PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN), PT Bank Danamon Indonesia, Tbk, PT Bank Permata, Tbk, PT Bank Bukopin, Tbk dan PT BPD Sulselbar. 

Adapun lima bank yang menyusul menjadi bank partner Jaring adalah PT Bank Central Asia (BCA), Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Sinarmas Tbk dan PT BPD Jawa Timur Tbk.

Program Jaring sebelumnya diresmikan Wapres Jusuf Kalla pada 11 Mei 2015 di Pantai Bodia Takalar Sulawesi.

Target utama program ini adalah meningkatkan kredit dan pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan serta mendorong perluasan akses masyarakat di sektor kelautan dan perikanan ke layanan jasa keuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com