Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Usulkan Bandara Lebak Pindah ke Karawang

Kompas.com - 16/11/2015, 07:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan akhirnya resmi menolak rencana pembangunan bandara Lebak oleh Lion Group dan mitranya PT Maja Raya Indah Semesta. Pasca pengiriman surat resmi pada Jumat (13/11/2015) lalu, rupanya pemerintah telah mengusulkan agar lokasi bandara Lebak dipindahkan ke Karawang.

“Kalau mau ya di Karawang itu masih bisa,” ujar Direktur Bandara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso kepada Kontan, akhir pekan lalu.

Daerah tersebut dinilai masih cukup luas untuk dikembangkan menjadi sebuah bandara. Agus pun memastikan area udara di wilayah tersebut juga tidak bersinggungan dengan beberapa bandara di sekitarnya.

Menurut dia kalau pembangunan bandara dilakukan di Lebak, Banten area udaranya tidak memenuhi syarat karena bersinggungan dengan bandara Budiarto yang merupakan lokasi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug. (baca: Lion Group Bantah "Bisiki" Kemenhub Tutup Sekolah Penerbangan Curug)

Kata dia, keputusan itu juga diambil dari hasil pertimbangan terhadap kajian Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan Airnav Indonesia.

Asal tahu saja, STPI Curug sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kemenhub. Setiap tahun, sekolah tersebut menghasilkan 150 pilot dan 58 teknisi pesawat per tahun. (RR Putri Werdiningsih)

baca juga: Namanya Disebut-sebut Jonan Terkait Bandara Lebak, Rusdi Kirana Geram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com