OJK: Lembaga Pemeringkat Akan Bantu Permudah UKM Cari Pendanaan

Kompas.com - 16/11/2015, 17:43 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman Darmansyah Hadad. KOMPAS.com/SRI LESTARI Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman Darmansyah Hadad.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
NUSA DUA, KOMPAS.com — Lembaga pemeringkat kredit diharapkan bisa mendekatkan UMKM dengan permodalan secara langsung untuk pembiayaan usahanya.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Darmansyah Hadad mengatakan, keberadaan agen pemeringkat atau rating agency untuk UMKM diharapkan bisa memunculkan data akurat mengenai bisnis yang dijalankan oleh pelaku usaha tersebut.

"Diharapkan, keberadaan rating agency ini bisa membantu mendekatkan UMKM dengan pembiayaan," kata Muliaman dalam acara Pembukaan Seminar Penjamin Internasional (IGS) dan Konferensi Perusahaan Penjamin se-Asia Ke-28, Senin (16/11/2015).

"Yang dirasakan selama ini, pelaku UMKM masih sulit mencari pembiayaan karena tidak ada agunan dan lainnya," tambah Muliaman.

Menurut dia, jika skor yang dimiliki bagus, maka UMKM tersebut dikategorikan feasible atau layak. Dengan demikian, hal tersebut akan memudahkan bank untuk meminjamkan kredit usaha.

Ukurannya, menurut Muliaman, adalah ukuran kualitatif dan kuantitatif. Ukuran kuantitatif terkait dengan pelayanan usaha dan keuangan. Sementara itu, ukuran kualitatif terkait dengan rekam jejakyang harus baik selama menjalankan usaha.

Data tersebut akan dimiliki oleh rating agency bentukan Asippindo melalui Jamkrindo yang tidak lain untuk memajukan UMKM di Indonesia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.