Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentri Puspayoga Buka Pameran UKM Kualitas Ekspor di Bali

Kompas.com - 16/11/2015, 23:58 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Mentri Koperasi dan UKM, Anak Agung Puspayoga membuka pameran UKM Kualitas ekspor di Nusa Dua Bali, Senin (16/11/2015).

Pameran digelar bersamaan dengan acara The International Guarantee Seminar 2915 oleh Asippindo atau Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia.

"UKM yang dipamerkan kualitas ekspor. Ini memotivasi UMK-UKM lain untuk meningkatkan kualitas dan melakukan ekspor lebih banyak lagi," kata Mentri Anak Agung Puspayoga.

Jenis UKM yang ikut pameran seperti kerajinan tenun, kain Ende, produk spa organik, perhiasan perak, tas kulit, kebaya dan lainnya.

Puspayoga menyampaikan bahwa pemerintah masih menyiapkan regulasi untuk penjaminan modal dan untuk meningkatkan mutu untuk mencapai UKM rating.

"Regulasi peningkatan UKM ini harus dimiliki oleh Indonesia. Kita masih menggodok undang penjaminan itu," tambahnya.

Dalam rangka meningkatkan mutu dan prospek UKM Indonesia, pemerintah akan memberikan solusi bagi pencari modal pemilik UKM.

Dengan demikian, bisnis yang dijalankan bisa berjalan baik dan bagi bisnis pemula bisa mampu berdaya sayang dengan kualitas produk yang bermutu dengan jaminan kualitas ekspor.

Salah satu yang diperhatikan adalah masalah bunga bank, dimana bunga bank untuk KUR (Kredit Usaha Rakyat) tahun ini turun 12 persen dan menjadi 9 persen untuk tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com