Konflik Laut China Selatan Dibicarakan di Luar Agenda Formal KTT APEC

Kompas.com - 19/11/2015, 12:05 WIB
Presiden AS Barack Obama (kiri membelakangi kamera) memeluk Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto sambil berbincang dengan kepala negara lainnya saat KTT APEC di Manila, Kamis (19/11/2015). AP Photo/Susan WalshPresiden AS Barack Obama (kiri membelakangi kamera) memeluk Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto sambil berbincang dengan kepala negara lainnya saat KTT APEC di Manila, Kamis (19/11/2015).
|
EditorTri Wahono

MANILA, KOMPAS.com – Sejauh ini, belum ada agenda pembicaraan resmi tentang konflik Laut China Selatan di pertemuan pemimpin ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Manila, Filipina.

Namun persoalan itu ramai dibicarakan sejumlah media massa baik media lokal maupun media luar negeri.

Hal ini tidak lepas hasil dari pembicaraan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dengan Presiden Filipina Benigno Aquino III di sela-sela penyelenggaraan APEC. 

Hari ini, Kamis (19/11/2015), para pemimpin ekonomi Asia Pasifik kembali menggelar rangkaian pertemuan puncak yang terbagi dalam dua sesi.

Dari semua agenda yang disiapkan panitia, tidak ada materi tentang keamanan kawasan yang menjadi bahasan pembicaraan. Semua topik yang disiapkan terkait masalah ekonomi.

Sesi pertama, pertemuan puncak hari ini mengambil tema "Inclusive Growth through Integrated Economies" dan tema berikutnya tentang "Sustainable and Resilient Comunities".

Sementara sebagian analis berpendapat persoalan ekonomi tentu terkait erat dengan persoalan keamanan di kawasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harian berbahasa Inggris The Philipine Star memberitakan tentang pernyataan Obama yang akan menambah kekuatan kapal perang untuk Filipina.

Pengerahan kapal itu akan memperkuat kekuatan yang sudah ada mengamankan kawasan.

Ulasan tersebut ditempatkan di halaman depan The Philipine Star dalam dua hari berturut-turut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.