Wapres Minta Pemilihan Ketum Kadin Berjalan Demokratis

Kompas.com - 23/11/2015, 23:38 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla Indra Akuntono/KOMPAS.comWakil Presiden Jusuf Kalla
EditorFidel Ali

BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak peserta Munas VII Kadin untuk memilih ketua umum Kadin periode 2015-2020 yang merupakan calon terbaik dan dilakukan secara baik dan demokratis. Pemerintah akan mendukung siapapun yang terpilih.

“Mari kita melakukan pemilihan secara baik, demokratis dan profesional. Kita harapkan Munas ini akan menghasilkan pimpinan yang terbaik. Kita harapkan para peserta menjalankan kewajibannya sesuai hak dan kewajibannya,” tutur Wapres saat membuka Munas VII Kadin, di Bandung, Senin (23/11/2015).

Wapres menambahkan Kadin bukan organisasi politik sehingga ketua umumnya jangan dipilih dengan kekuasaan, karena Kadin merupakan organisasi yang pimpinannya mengutamakan kerja sama demi meningkatkan kemajuan ekonomi nasional.

Sejak sepekan terakhir, berbagai isu telah berkembang terkait bursa pencalonan ketua umum Kadin Indonesia kali ini. Diantaranya, salah satu calon ketua umum Kadin Indonesia merupakan titipan istana. Calon tersebut disebut-sebut mendapat restu dari istana untuk menduduki ketua umum untuk lima tahun ke depan.

Wapres menambahkan pemerintah mendukung semua calon ketua umum. Sebab Kadin akan menjadi mitra dengan pemerintah dalam menggerakkan ekonomi nasional.

Kedua calon yang akan bertarung memperebutkan posisi ketua umum harus memiliki program ekonomi ke depan yang akan memiliki banyak tantangan. Pemerintah mendukung ketua yang terpilih nantinya,” kata Wapres.

Wakil Ketua Dewan Penasihat Kadin, Sandiaga S Uno mengatakan pemerintah akan sangat netral dalam melihat kepemimpinan Kadin ke depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya yakin Munas ini akan melahirkan kepemimpinan yang baru, yang dapat membawaKadin menjadi mitra sejajar dengan pemerintah.”

Sandiaga juga menambahkan bahwa ketua umum Kadin harusnya adalah orang yang telah memiliki jejak rekam dan program konkrit untuk memajukan pengusaha daerah untuk mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Kadin ke depan harus mampu membuka peluang bagi pengusaha-pengusaha nasional untuk lebih maju sehingga dapat mendorong pergerakkan perekonomian Indonesia.

Halaman:


Sumber Antara
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.