Rini: 20 Persen Saham di Freeport, Kita Bisa Jadi Direksi Aktif

Kompas.com - 24/11/2015, 13:17 WIB
Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Rini Soemarno KOMPAS.com/Sabrina AsrilPresiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Rini Soemarno
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno menyampaikan, pihaknya tetap berkeinginan meningkatkan porsi kepemilikan BUMN di perusahaan tambang asal Amerika Serikat, PT Freeport Indonesia.

“Jadi, kalau bisa kita naikkan menjadi 20 persen, itu kan menjadi kepemilikan yang cukup baik. Kita bisa duduk sebagai manajemen, bisa duduk sebagai direksi yang aktif. Harapannya begitu,” ucap Rini ditemui usai memberikan pidato kunci di Pertamina Energy Forum 2015, Conference and Exhibition, di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Rini menuturkan, saat ini BUMN memiliki 9,36 persen saham di PT Freeport Indonesia. Untuk meningkatkan porsi itu, Kementerian BUMN telah berkirim surat ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Kementerian Keuangan.

“Kalau memang ada divestasi, kami dari BUMN tertarik untuk membeli,” lanjut Rini.

Hanya saja, Rini mengaku saat ini Kementerian BUMN hanya bisa menunggu kementerian yang berwenang soal divestasi PT Freeport Indonesia.

Sebelumnya diberitakan, kedua belah pihak yakni Kementerian ESDM dan PT Freeport Indonesia, saling tunggu. Kementerian ESDM diwakili Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Gatot Ariyono menunggu surat penawaran divestasi dari PT Freeport Indonesia.

Sementara itu, pihak PT Freeport Indonesia melalui juru bicaranya, Riza Pratama menyatakan anak usaha Freeport McMoRan itu menunggu mekanisme divestasi yang jelas dari pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

baca juga: Freeport Sukses Memecah Belah Pihak IndonesiaDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.