Kompas.com - 24/11/2015, 22:49 WIB
Dua calon Ketua Kadin, Rosan P Roeslani (kanan) dan Rachmat Gobel (kiri) terlihat bersalaman setelah penyampaian visi dan misi. keduanya bertarung dalam pencalonan Ketua Kadin periode 2015-2020. KOMPAS.com/RENI SUSANTIDua calon Ketua Kadin, Rosan P Roeslani (kanan) dan Rachmat Gobel (kiri) terlihat bersalaman setelah penyampaian visi dan misi. keduanya bertarung dalam pencalonan Ketua Kadin periode 2015-2020.
|
EditorHeru Margianto

BANDUNG, KOMPAS.com — Mantan Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, mengatakan, dirinya nekat maju dalam bursa calon ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Pasalnya, persiapan pencalonan hingga waktu pemilihan hanya berlangsung selama tiga pekan.

"Banyak yang bertanya apa tidak salah dalam mengambil keputusan? Saya memang nekat," ujar Gobel saat penyampaian visi dan misi calon ketua Kadin dalam Munas VII Kadin di Bandung, Selasa (24/11/2015).

Ia menyampaikan, ada tiga alasan dirinya berani mencalonkan diri menjadi ketua Kadin. Pertama, ia melihat tantangan dunia usaha ke depan yang ditandai dengan masyarakat ekonomis ASEAN (MEA) pada bulan depan.

Kedua, dorongan dan rasa tanggung jawab dirinya untuk mewujudkan visi. Ketiga, ia melihat koordinasi Kadin yang memerlukan konsolidasi kuat.

Alasan lain, ia menyebutkan, mantan Ketua Kadin, MS Hidayat, pernah memberinya kepercayaan menjadi Ketua Panitia SEA Games 2011. Ia pun ingin melanjutkan kepercayaan tersebut.

Kala itu, banyak pihak pesimistis dan memperkirakan bahwa SEA Games bakal gagal karena isu politik dan korupsi. Nyatanya, kata Gobel, SEA Games berlangsung sukses.

Malaysia dan Singapura yang awalnya meremehkan lalu mendatangi dirinya seusai pembukaan. Mereka mengapresiasi karena pelaksanaan SEA Ganes melebihi standar ASEAN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jangan remehkan Indonesia," kata Gobel.

Selain Gobel, calon lain yang maju dalam bursa ketua Kadin adalah Rosan Perkasa Roeslani yang merupakan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perbankan dan Finansial.

Hingga kini, voting pemilihan ketua masih dilakukan dalam Munas VII Kadin. Sebanyak 129 orang akan memberikan suaranya. Mereka mewakili 29 suara asosiasi dan 100 suara provinsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.