Banyak Terumbu Karang Rusak, Produksi Ikan Karang Menurun

Kompas.com - 25/11/2015, 13:47 WIB
Ilustrasi terumbu karang. dezeenIlustrasi terumbu karang.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
BADUNG, KOMPAS. com - Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) Indonesia mengkhawatirkan rusaknya terumbu karang yang mencapai 60 persen.

"Hasil penelitian LIPI, kerusakan terumbu karang di Indonesia sudah mencapai 60 persen. Ini katagori yang mengkhawatirkan," kata Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan, Toni Ruchimat, Rabu (25/11/2015).

Dari pemetaan terhadap 200 sampel wilayah, minimal di 15 Kabupaten mengalami kenaikan kerusakan.

"Kalau dalam peta, nanti kita bisa melihat warna yang merah-merah, itulah yang mengkawatirkan," tambahnya.

Dijelaskan secara rinci, dari seluruh terumbu karang yang ada, persentasenya, 5-6 persen kategori baik, 30 persen kategori sedang, dan sisanya sekitar 60 persen mengalami kerusakan yang cukup parah.

Dalam kesempatan ini, Toni juga menyampaikan bahwa penurunan produksi perikanan karang di Indonesia terjadi dalam satu dekade terakhir ini disebabkan karena meluasnya kerusakan habitat terumbu karang.

Selain itu, stok ikan di alam juga mengalami penurunan karena pengelolaannya ikan karang yang tidak bertanggungjawab dan mengabaikan kelestarian alam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah melakui KKP segera mengambil langkah-langkah buat untuk keberlangsungan sumberdaya ikan karang di Indonesia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.