Arifin Panigoro Ingin Caplok 76 Persen Saham Newmont, Ini Syarat dari Rizal Ramli

Kompas.com - 25/11/2015, 19:37 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com — Pengusaha nasional, Arifin Panigoro, mendapatkan dukungan dari Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli untuk mencaplok 76 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara.

Dukungan tersebut disampaikan Rizal seusai menerima kunjungan Arifin di kantornya pada Rabu (25/11/2015).

Rizal menyampaikan bahwa inisiatif Arifin untuk mengambil 76 persen saham Newmont sangat baik dan membuktikan bahwa pihak nasional mampu mengelola tambang berskala besar.

"Tidak seperti yang didengungkan bahwa orang Indonesia tidak mampu mengelola tambang yang besar. Saya minta Pak Arifin jangan kecewakan kita," kata Rizal.

Dia pun mengatakan hanya meminta beberapa hal apabila niat Arifin itu terealisasi. Pertama, Arifin diminta secepat mungkin membangun fasilitas pemurnian bijih mineral atau smelter.

"Kenapa? Kita kan ingin nilai tambah yang lebih besar dan Pak Arifin tunjukkan rencana untuk membangun smelter karena itu memang diwajibkan UU Minerba," ucap Rizal.

Kedua, dia meminta Arifin untuk mengembangkan wilayah di sekitar area pertambangan. Tujuannya, kata dia, agar kehidupan masyarakat di sekitar tambang lebih sejahtera.

"Kami tidak ingin pertambangan-pertambangan itu bagai enklave, seperti di luar negeri; tetapi di luar area tambang, kemiskinannya luar biasa," ujar Rizal.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.