Kembangkan Usaha, UKM Perlu Dapat Pengetahuan Melek Internet

Kompas.com - 25/11/2015, 21:22 WIB
Mentri Koperasi dan UKM, Anak Agung Puspayoga. KOMPAS.com/SRI LESTARI Mentri Koperasi dan UKM, Anak Agung Puspayoga.
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Demi mengembangkan usaha, pelaku usaha kecil menengah (UKM) perlu mendapat pengetahuan agar melek internet. Setidaknya, ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk membantu para pelaku usaha tersebut. Pertama, penyiapan infrastruktur. Selain pemerintah, pihak swasta pun bisa menyiapkan hal ini, sekarang.

Kedua adalah pemberian bimbingan dan bantuan. Ketiga, pelaku UKM makin giat membuka diri dan belajar.

Sementara itu, ihwal infrastruktur itulah yang menjadi salah satu alasan PT Awan Solusi Informatika meluncurkan Cloudmatika, sebuah layanan berbasis komputasi awan yang diklaim tercanggih dan teraman bagi pelanggan di Indonesia, Selasa kemarin. Direktur Utama Iskandar Zulkarnain mengatakan hal tersebut.

Cloudmatika juga menjadi penyedia layanan komputasi awan pertama di Indonesia yang menawarkan infrastruktur sepenuhnya fleksibel, elastis, dan otomatis. Pelanggan hanya perlu membayar sesuai dengan apa yang mereka gunakan dan bukan membayar biaya tetap yang tinggi setiap bulan. Hal ini berkat
 
Cloudmatika pun menyediakan layanannya melalui kemitraan teknologi dengan Tsukaeru Group dari Jepang dan Ozhosting dari Australia. Sebagai bagian dari kemitraan ini, Cloudmatika menggunakan teknologi Cloud Platform terkemuka dunia ODIN Automation for Cloud Infrastructure (OACI).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.