Pertamina Lakukan Pengembangan Energi Panas Bumi

Kompas.com - 28/11/2015, 16:09 WIB
Presiden RI Joko Widodo meresmikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang Unit 5, di Garut, Jawa Barat, pada Minggu (5/7/2015). Kompas.com/Estu SuryowatiPresiden RI Joko Widodo meresmikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang Unit 5, di Garut, Jawa Barat, pada Minggu (5/7/2015).
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA,KOMPAS.com - PT Pertamina menerapkan energi terbarukan dengan nama Geothermal Energy. Energi ini merupakan energi yang dihasilkan dari interaksi panas batuan dengan air yang mengalir di sekitarnya. "Indonesia memiliki cadangan geothermal sebesar 40 persen cadangan global. Indonesia punya potensi yang luar biasa untuk mengembangkan energi geothermal untuk menjawab kebutuhan energi nasional dan dunia", kata Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy Irfan Zainuddin, Jumat,(27/11/2015) saat konferensi pers di Gedung Pertamina, Jakarta Pusat.

Program geothermal yang sudah dilakukan di Indonesia sebesar 35 ribu watt dengan beberapa daerah yang sudah memanfaatkan energi itu seperti di kawasan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua. Kebanyakan sumber energinya berasal dari panas bumi.

Catatan Irfan menunjukkan pada 2007, Indonesia sudah menghasilkan energi geothermal hingga 992 megawatt. Sementara, pada 2015, energi panas bumi yang dihasilkan mencapai 1340 megawatt.

Beberapa pembangkit listrik tenaga panas bumi yang tengah beroperasi dan  dikembangkan hingga 2019 antara lain Kamojang, Ulubelu, Lahendong, dan Sibayak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.