Ini Bank yang Beri Layanan Tabungan Simpanan Pelajar

Kompas.com - 29/11/2015, 12:30 WIB
Petugas Bank Syariah Bukopin (BSB) siap melayani nasabah. BSB mengandalkan Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) mengincar nasabah siswa-siswa sekolah usia remaja. Josephus PrimusPetugas Bank Syariah Bukopin (BSB) siap melayani nasabah. BSB mengandalkan Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) mengincar nasabah siswa-siswa sekolah usia remaja.
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan menyajikan layanan tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) khusus untuk pelajar. Dengan tabungan ini, para pelajar cukup melakukan setoran awal sebesar Rp 5.000 untuk tabungan konvensional dan Rp 1.000 untuk tabungan syariah.

Direktur Consumer & Retail Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Hery Gunardi mengatakan, untuk memasarkan produk tabungan Simpel, bank-bank yang bekerja sama akan melakukan perjanjian kerja sama dengan sekolah-sekolah. Sekolah akan memberikan daftar nama siswa yang mengajukan permohonan pembukaan rekening Simpel.

"Jadi kita tidak perlu lagi paka KTP karena memang mereka belum punya KTP juga. Sekolah yang akan menangani nama-nama itu," kata Hery di Jakarta, Jumat (27/11/2015).

Berbeda dari produk tabungan konvensional yang biasa diterbitkan untuk anak, dalam tabungan Simpel, orangtua tidak perlu mewakili sang anak sebagai pemilik rekening. Anak dapat memiliki rekening atas namanya sendiri.

"Dulu kan atas nama orangtua, pakai QQ (bertindak untuk dan atas nama) nama anak. Kalau ini langsung. Bank terbitkan buku tabungan sesuai nama pelajar dan sekolahnya," kata Hery.

Berdasarkan data yang diakses dari laman resmi OJK, hingga 24 November 2015, sudah ada sekitar 26 bank yang menyediakan produk tabungan Simpel. Dari jumlah tersebut, 15 bank merupakan bank konvensional dan 11 adalah bank syariah.

Bank konvensional yang menyediakan tabungan Simpel meliputi Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI), BPD Jatim, BPD Kalimantan Selatan, BPD NTB, BPD Riau Kepri, BPD Sumselbabel, Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Permata, BPD Jabar dan Banten (BJB), BPD Jambi, dan Bank Panin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun bank syariah meliputi Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BCA Syariah, BNI Syariah, Bank Panin Syariah, Bank Victoria Syariah, Bank Syariah Bukopin, BJB Syariah, Bank Mega Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) BPD Jambi, dan BPRS Al-Salaam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.