Jonan Siap Promosikan Peti Kemas Lipat Hasil Penelitian Mahasiswa

Kompas.com - 30/11/2015, 13:48 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan siap mempromosikan hasil penelitian di sektor perhubungan kepada dunia usaha.

Salah satu yang ia apresiasi dan akan promosikan adalah hasil penelitian berupa peti kemas lipat untuk efisiensi biaya logistik.

"Saya akan baca dan saya akan coba berusaha membantu mempromosikan supaya ada manfaatnya, tetapi harus didaftarkan di HKI (Dirjen Hak Kekayaan Intelektual)," ujar Jonan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin (30/11/2015).

Penelitian terkait peti kemas lipat dilakukan oleh mahasiwa bernama Latama Rizky yang merupakan juara I lomba penelitian transportasi tingkat nasional 2015 katagori SLTA hingga S-1 yang diselenggarakan oleh Kemenhub.

Menurut Jonan, setiap penelitian di Indonesia haruslah bisa diimplementasikan dengan biaya yang terjangkau.
Jangan sampai para peneliti hanya membuat penelitian yang besar, tetapi sulit diterapkan di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kemenhub Elly Sinaga mengatakan, beberapa penelitian yang dilakukan di sektor perhubungan sudah mulai terealisasi.

Misalnya, ucap dia, kini hasil penelitian lomba transportasi 2014 mulai mendapatkan tempat. Hasil penelitian itu terkait pemanfaatan Sungai Tallo di Maros, Makassar, untuk angkutan barang.

Bahkan, kata Elly, Bank Dunia pun tertarik untuk berkecimpung merealisasikan studi tersebut. "Saking potensinya besar, Bank Dunia ikutan," tutur Elly.

Adapun Jonan sudah meminta kepada jajarannya untuk membantu setiap hasil penelitian di sektor perhubungan yang potensial untuk dikembangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.