Jonan Minta Para Peneliti Transportasi Belajar Detail dari Jepang

Kompas.com - 01/12/2015, 06:19 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan berpesan kepada para peneliti, khususnya peneliti transportasi, untuk belajar banyak dari Negeri Matahari Terbit, Jepang.

Di mata mantan Dirut PT KAI itu, Jepang adalah negara yang sangat memperhatikan detail. Termasuk detail pembuatan sarana transportasi umum.

"Jepang itu bangsa yang memiliki kultur perhatian kepada detail yang sangat luar biasa," ujar Jonan usai memberikan penghargaan kepada para pemenang Lomba Penelitian Transportasi 2015 di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (30/11/2015).

Menurut Jonan, sekarang negara-negara Eropa pun akan sulit menandingi Jepang dalam hal ketelitian detail pada sektor transportasinya.

Bahkan dia yakin, Amerika pun kalah dengan Jepang dalam hal detail tersebut.

Di Jepang tutur dia, seni melipat kertas atau origami saja mempunyai sekolah sendiri. Selain itu, sekolah untuk tata cara membungkus pun tersedia di Negeri Sakura tersebut.

"Menurut saya itu (detail) penting untuk dipelajari (para peneliti transportasi Indonesia)," kata Jonan.

Sebelumnya, Jonan menyerahkan penghargaan dan hadiah kepada para pemenang Lomba Penelitian Transportasi Indonesia 2015.

Selain mendapatkan hadiah uang tunai, para peneliti itu juga akan diajak mengunjungi dan mengikuti pendidikan singkat di Jepang.

Di Negeri Matahari Terbit itu, para pemenang lomba akan mengunjungi beberapa lokasi penting untuk mempelajari dan melihat secara langsung perkembangan terkini terkait fasilitas dan pengoperasian transportasi multimoda dan pusat logistik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.