RI Tagih Komitmen Negara Maju Gelontorkan Dana Penanganan Dampak Perubahan Iklim

Kompas.com - 02/12/2015, 13:15 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
PARIS, KOMPAS.com- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menyebutkan negara maju tak mau memberikan komitmennya mengenai dana yang akan diberikan ke Indonesia untuk penanganan perubahan iklim.

"Tadi diangkat soal finansial karena negara maju tak mau menaruh janji berapa duit dari mereka ke Indonesia," kata Siti Nurbaya, Rabu (2/12/2015).

"Tapi yang paling penting adalah meyakinkan negara maju bahwa Indonesia punya banyak kegiatan dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim juga dalam pengembangan standar cara-cara pengukuran yangg transparan dan itu butuh dukungan," lanjutnya.

Di hadapan para negosiator Indonesia, Siti Nurbaya juga menegaskan agar mereka mampu membujuk negara maju dengan beragam metode.

Hal itu termasuk dari sisi luas wilayah dan banyaknya jumlah populasi masyarakat Indonesia yang akan terlibat dalam kegiatan itu.

"Contoh dalam dinamika land use saja banyak masyarakat terlibat dan itu butuh dukungan finansial. Kedua, saya arahkan pada ketua ketua delegasi untuk selalu memperhatikan negara berkembang lain,"katanya.

Kerja para negosiator Indonesia dalam konferensi perubahan iklim kali ini cukup berat. Setidaknya dalam satu hari terdapat lebih dari 32 pertemuan dengan beberapa negosiator negara lain.

Negosiasi dilakukan hingga pukul 19.00 waktu Perancis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.