Dua Pesawat Garuda Bersenggolan di Hanggar, Operasional Tak Terganggu

Kompas.com - 04/12/2015, 08:38 WIB
Teknisi melakukan perawatan pesawat di Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia, Tangerang, Banten, Kamis (13/8/2015). KOMPAS / HENDRA A SETYAWANTeknisi melakukan perawatan pesawat di Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia, Tangerang, Banten, Kamis (13/8/2015).
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Garuda Indonesia menyatakan operasional maskapai penerbangan tersebut tidak terganggu dengan insiden dua pesawat yang bersenggolan di hanggar, Kamis (3/12/2015) kemarin.

"Kejadiannya di areal parkir hangar GMF atau di areal dekat bengkel perbaikan pesawat Garuda Indonesia dan tidak mengganggu operasional penerbangan Garuda," kata VP Corporate Communication Garuda Indonesia, Benny Butarbutar dalam siaran persnya.

Ia menjelaskan, insiden antara dua pesawat tersebut terjadi saat akan melakukan perawatan di hanggar Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia bukan di terminal bandara.

Insiden senggolan tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB di Hanggar GMF ketika salah satu pesawat sedang ditarik ke GMF dari Apron.

Pesawat yang ditarik kemudian menyenggol pesawat yang sedang diparkir di wilayah hanggar 4. Masing-masing adalah pesawat jenis Boeing 777-300ER. 

"Ketika peristiwa senggolan tersebut terjadi, kedua pesawat sedang dalan proses hendak menjalani maintenance rutin dan sedang tidak membawa penumpang," ujar Benny.

Akibat senggolan tersebut, ujung sayap (wingtip) salah satu pesawat mengalami robek dan saat itu juga segera dilakukan penanganan cepat oleh teknisi terlatih GMF.

"Mengingat insiden tersebut tergolong kerusakan ringan hanya memerlukan pengerjaan perbaikan sekitar 15 jam," jelasnya.

Benny menambahkan, sebagai langkah korektif terhadap setiap insiden dan guna mendapatkan pola penanganan yang tepat dan segera secara tercatat, pihak Garuda Indonesia tetap melakukan investigasi atas kejadian tersebut.

Pesawat yang mengalami kerusakan ditargetkan sudah bisa beroperasional kembali hari ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.