Kompas.com - 07/12/2015, 16:01 WIB
Ikan Tuna Sirip Kuning hasil tangkapan nelayan yang berada di mobil milik salah satu perusahaan cold storage, Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (4/12/2015) KOMPAS.com/YOGA SUKMANAIkan Tuna Sirip Kuning hasil tangkapan nelayan yang berada di mobil milik salah satu perusahaan cold storage, Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (4/12/2015)
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaporkan,  perekonomian subsektor perikanan pada kuartal III 2015 tumbuh 8,37 persen, lebih tinggi dibandingkan 7,17 persen pada kuartal II 2015..

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memaparkan, hingga kuartal III 2015, produksi perikanan tangkap mencapai 4,72 juta ton, meningkat 5,03 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. 

Sementara itu, produksi perikanan budidaya tercatat mencapai 10,07 juta ton, meningkat 3,98 persen.

"Di perikanan tangkap yang mengalami peningkatan (produksi) adalah tongkol dan tuna. Produksi tongkol hingga kuartal III meningkat 10,57 persen dibandingkan produksi periode yang sama tahun sebelumnya," kata Susi di kantornya, Senin (7/12/2015).

Berdasarkan data KKP, produksi yang termasuk dalam komoditas tongkol yang mengalami peningkatan antara lain tongkol krai, cakalang, dan lisong, yang masing-masing mengalami peningkatan 21,38 persen, 15,79 persen, dan 58,50 persen.

Sementara itu, produksi tuna mengalami peningkatan 15,47 persen. Produksi yang termasuk komoditas tuna yang mengalami peningkatan antara lain madihidang, tuna sirip biru, dan tuna mata besar, yang masing-masing mengalami peningkatan sebesar 18,21 persen, 74,60 persen, dan 10,11 persen.

"Ini peningkatannya signifikan sekali. Dulu angka yang didapat adalah dari kapal-kapal asing yang beroperasi. Sekarang ini hasil dari kapal asli Indonesia. Angka ini minus 1.300 kapal eks asing, yang menangkap adalah masyarakat dan nelayan Indonesia," ungkap Susi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.