Kompas.com - 07/12/2015, 18:12 WIB
Mentri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. KOMPAS.com/SRI LESTARI Mentri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan dirinya menginginkan agar semua masyarakat Indonesia dapat membeli dan menyantap ikan.

Susi menyebut untuk melakukan itu semua, pihaknya akan menjaga pasokan dan harga ikan.

Salah satu hal yang akan ditempuh oleh dirinya adalah dengan membatasi ekspor ikan "gelondongan" atau mentah tanpa diproses terlebih dahulu.

Tujuannya adalah agar harga ikan tidak naik terlalu tinggi.

"Tahun depan kemungkinan kita akan membatasi ekspor ikan gelondongan, (yaitu) ikan-ikan besar yang (beratnya) 3 sampai 4 kilogram ke atas," kata Susi dalam konferensi pers di kantornya, Senin (7/12/2015).

Susi menjelaskan, pembatasan ekspor ikan gelondongan tersebut dimaksudkan agar sebelum diekspor, produk ikan dapat diproses terlebih dahulu di Indonesia.

Dengan demikian, lanjut dia, hal ini dapat mengurangi penangkapan ikan ilehal maupun melambungnya harga ikan di pasaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selama ini illegal fishing itu mengambil ikan jutaan ton. Pasar di sana sudah kosong. Thailand saja ekspor ikannya sampai defisit. Mereka akan kejar ke mari," tegas Susi.

Apabila ekspor ikan gelondongan tidak dibatasi, imbuh Susi, maka ia khawatir ketersediaan ikan di dalam negeri akan menipis lantaran diekspor secara ilegal. Akhirnya, harga ikan akan melonjak tinggi karena keterbatasan pasokan.

"Akhirnya orang kita tidak mampu beli. Saya sih ingin keberadaan ikan tidak serta-merta diikuti dengan kecepatan bisnis masuk untuk membawa ikan itu ekspor semua. Kalau ini terjadi, ikan akan mahal lagi," jelas Susi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.