Kompas.com - 08/12/2015, 09:26 WIB
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar terhadap dollar AS pada awal perdagangan pasar spot Selasa (8/12/2015) bergerak menguat.

Data Bloomberg menunjukkan, pukul 09.00 WIB mata uang garuda berada di posisi Rp 13.823 per dollar AS, menguat dibandingkan penutupan kemarin pada 13.861.

Kemarin, rupiah di pasar spot terkoreksi 0,20 persen. Sedangkan kurs tengah rupiah di Bank Indonesia turun tipis 0,03 persen ke Rp 13.837.

Putu Agus Pransuamitra, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures, menjelaskan, pasar masih terpengaruh data ketenagakerjaan AS yang masih sesuai harapan The Fed. Hal ini menguntungkan posisi USD.

"Dari dalam negeri sampai pasar tutup masih menanti data cadangan devisa, jadi belum ada pendukung pergerakan," tambah Putu seperti dikutip Kontan.

Cadangan devisa Indonesia November 2015 senilai 100,24 miliar dollar AS. Angka tersebut turun dari Oktober yang sebesar  100,71 miliar dollar AS.

Putu memprediksi hari ini rupiah berada di kisaran 13.750–13.920.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.