Kompas.com - 08/12/2015, 13:16 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
BANTAENG, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani optimistis dapat mencapai target penerimaan nilai investasi sebesar Rp 595 triliun pada tahun 2016.

Hal itu diungkapkan Franky  saat mengunjungi smelter salah satu investor di Kawasan Industri Bantaeng, Sulawesi Selatan, Senin (7/12/2015).

"Ke depan, kami percaya, 2016, target investasi yang kami canangkan, Rp 595 triliun itu, pasti akan tercapai, atau naik sekitar 14 persen dari tahun sekarang," kata Franky.

Faktor pendorong yang memungkinkan target investasi itu tercapai, salah satunya, adalah layanan izin tiga jam.

Bagi investor asing yang akan berinvestasi di Indonesia, dapat mengantongi delapan macam izin dengan waktu mengurus hanya tiga jam.

Setelah tiga jam itu, investor dapat langsung membangun pabriknya di kawasan yang telah ditentukan, sembari menyelesaikan izin lain seperti izin lingkungan atau IMB.

Adapun produk layanan izin tiga jam mencakup izin prinsip, akta perusahaan, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), serta booking tanah.

Produk selanjutnya adalah Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA), Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), Angka Pengenal Importir Produsen (API-P), dan Nomor Induk Kepabeanan (NIK).

Dengan produk layanan izin tiga jam itu, Franky menilai, investor akan nyaman berinvestasi di Indonesia karena izin cepat diurus dan ada kepastian hukumnya.

"Bayangkan kalau misalkan seorang investor datang ke Indonesia, kemudian dia sudah dapat izin kerja, pasti dia akan merasa nyaman, karena statusnya jelas, sebagai investor," tutur Franky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.