Pelindo III Siap Bangun Sentra Industri Perikanan Senilai Rp 1 Triliun

Kompas.com - 10/12/2015, 11:19 WIB
Pemancing memamerkan hasil tangkapan tuna dan tenggiri kompas.com/FirmansyahPemancing memamerkan hasil tangkapan tuna dan tenggiri
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Djarwo Surjanto mengatakan, saat ini Pelindo III tengah dalam tahap studi Pelabuhan Tegal bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mengembangkan pelabuhan eks aktivitas bongkar-muat kayu itu.

Djarwo melihat, ada potensi industri perikanan yang bisa dikembangkan di kawasan itu, sebab banyak sekali kegiatan nelayan di pesisir Tegal.

"Proyek yang saat ini sedang dilakukan pengujian yaitu Pelabuhan Tegal. Tadinya untuk bongkar muat kayu. Kami lihat kegiatan nelayan banyak. Tapi belum ada proses pengolahan. Kami akan mengembangkan pusat industri perikanan," kata Djarwo dalam Forum BUMN, Kamis (10/12/2015).

Lebih lanjut Djarwo menuturkan, untuk tahap awal investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan industri perikanan di Tegal mencapai Rp 1 triliun. Investasi sebesar itu, kata dia, akan digunakan untuk menyiapkan fasilitas dasar.

"Tentu ini nanti bukan hanya Pelindo III, tapi dengan sinergi bersama pihak yang mengerti mengenai industri perikanan," kata dia.

Saat ini studi yang dilakukan dengan UGM belum selesai. Pelindo III juga masih harus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk merealisasikan rencana ini.

Di samping membangun sentra perikanan di Tegal, Jawa Tengah, Pelindo III dalam lima tahun ke depan juga akan membangun lima pelabuhan strategis dan sembilan pelabuhan kecil. Total anggaran yang dibutuhkan untuk itu mencapai Rp 20 triliun.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.