Kompas.com - 12/12/2015, 07:31 WIB
EditorErlangga Djumena
NEW YORK, KOMPAS.com - Penurunan harga minyak mengirim saham-saham Wall Street kembali anjlok pada perdagangan Jumat (11/12/2015) waktu setempat (Sabtu pagi WIB).

Dow Jones Industrial Average ditutup turun 309,54 poin (1,76 persen) pada 17.265,21.

Indeks berbasis luas S&P 500 kehilangan 39,86 poin (1,94 persen) menjadi 2.012,37, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq turun 111,71 poin (2,21 persen) ke posisi 4.933,47.

Penurunan pada Jumat meninggalkan ketiga indeks utama dalam kerugian besar untuk minggu ini: Indeks Dow turun 3,3 persen, S&P turun 3,8 persen, dan Nasdaq turun 4,1 persen.

Melorotnya harga minyak mentah memberikan sentimen negatif di bursa AS. Anggota Dow, Chevron dan ExxonMobil masing-masing kehilangan 3,2 persen dan 1,8 persen. Sementara Schlumberger turun 2,3 persen.

Dua perusahaan kimia raksasa, Dow Chemical dan DuPont tetap melorot meski ada berita bahwa mereka sedang bernegosiasi merger yang akan menciptakan raksasa bahan kimia dan material global senilai 130 miliar dollar AS.

Dow Chemical berakhir 2,8 persen lebih rendah dan anggota Dow DuPont anjlok 5,5 persen.

Anggota kelompok saham unggulan Dow lainnya, Goldman Sachs tenggelam 3,1 persen dan Nike turun 1,8 persen.

Selain  itu, perbankan juga mengalami penurunan, seperti Bank of America berkurang 2,7 persen dan Citigroup merosot 2,9 persen.

Adapun saham teknologi, Alibaba kehilangan 5,4 persen setelah mengumumkan akan membeli surat kabar berbahasa Inggris terkemuka di Hongkong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP/ANTARA


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.