200 Koperasi di NTB Didorong Menjadi Lembaga Keuangan Mikro

Kompas.com - 13/12/2015, 10:18 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
MATARAM, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan dukungan kepada sekitar 200 koperasi dan kelompok masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menjadi Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad menyebutkan pembentukan LKM akan turut membantu mendorong perekonomian masyarakat di daerah.

"Kami sangat mendukung pembentukan LKM di NTB. Masyarakat memang membutuhkan kehadiran LKM yang bisa menjadi agregator ekonomi," ujarnya dalam acara Bincang Bisnis Republika, Sabtu malam (13/12/2015).

Dia menyebutkan kehadiran agregator ekonomi akan turut menyumbang terhadap peningkatan taraf kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Anggota Komisi XI DPR Willgo Zainar menuturkan sebelumnya telah ada sekitar 50 koperasi di NTB yang ingin menjadi LKM. Jumlah tersebut terus bertambah belakangan ini.

"Karena itu kami akan berkonsultasi dengan OJK agar koperasi-koperasi ini bisa menjadi LKM. Kehadirannya sangat dibutuhkan bagi pengembangan ekonomi di daerah," jelasnya.

Adapun Gubernur NTB Zainul Majdi menyatakan pertumbuhan ekonomi NTB yang pada kuartal III-2015 yang mencapai sebesar 9 persen tidak lepas dari peran kolektif masyarakat.

Hal itu juga tidak lepas dari banyaknya komoditas perdagangan yang berasal dari NTB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.