Caplok 91 Persen Saham Asuransi Bringin, BRI Rogoh Rp 1,6 Triliun

Kompas.com - 14/12/2015, 15:22 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyetujui pengambilalihan PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera (BJS).

Dengan demikian, perseroan kini memiliki 91 persen saham asuransi tersebut.

Menurut Direktur Utama BRI Asmawi Syam, aksi korporasi ini merupakan sebuah batu loncatan guna memberikan layanan keuangan dan perbankan terintegrasi.

Adapun total nilai pengambilalihan untuk jumlah saham tersebut setara 1,69 kali nilai buku per Juni 2015.

"RUPSLB kali ini menyetujui pengambilalihan saham asuransi Bringin Sejahtera untuk diakuisisi BRI 91 persen. Rupiahnya itu berarti Rp 1,6 triliun," kata Asmawi di Jakarta, Senin (14/12/2015).

Asmawi menjelaskan pengambil alihan asuransi Bringin Sejahtera ini merupakan bagian dari program inklusi finansial.

Dengan bergabungnya asuransi tersebut, maka perseroan tidak hanya mampu memperluas jaringan, namun juga memperluas jangkauan dalam edukasi kepada masyarakat terkait literasi keuangan.

"Literasi keuangan dan financial inclusion ini potensi pasarnya sangat besar, terutama di daerah terpencil dan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN juga. Jangan sampai kita ketinggalan menggarap financial inclusion, tidak hanya di bank tapi asuransinya juga," ungkap Asmawi.

Asmawi menyatakan, saat ini perseroan sudah bermitra dengan BJS dalam hal asuransi kredit.

Dengan pengambil alihan asuransi tersebut, maka perseroan ingin adanya akses lebih dalam terkait keuangan. Sehingga, masayarakat tidak hanya memperoleh kredit, namun juga memiliki asuransi.

"Kita ingin literasi, bahwa masyarakat bukan hanya berasuransi karena pinjam kredit, tapi asuransi penting bagi masa depan. Misal asuransi untuk anak sekolah, kesehatan, dan keluarga mereka. Ini perlu perbaikan produk-produk apa yang dibutuhkan masyarakat agar mereka tertarik untuk jadi pemegang polis asuransi jiwa itu sendiri," tutur Asmawi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.