Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apindo: Sektor Pariwisata Paling Siap dalam Hadapi MEA

Kompas.com - 14/12/2015, 17:13 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pariwisata dinilai akan menjadi sektor yang paling siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016 mendatang.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani mengatakan sektor pariwisata akan menjadi "pemain" yang siginifikan menggantikan sektor yang selama ini mengandalkan komoditas.

Dia memprediksi di saat sektor-sektor yang mengandalkan komoditas turun, pariwisata malah akan merangkak naik.

"Sektor pariwisata akan jadi unggulan. Kita punya kualitas, fasilitas, serta konektifitas," ujar Hariyadi, Senin (14/12/2015).

Kata dia, dari segi fasilitas khususnya akomodasi, Indonesia merupakan negara paling unggul. Menurutnya, Indonesia merupakan negara dengan jumlah kamar hotel terbesar di Asia Tenggara.

Apindo mencatat hingga akhir Oktober, Indonesia memiliki 270.500 jumlah kamar hotel. "Ditambah 2016 nanti akan ada tambahan 50.000 kamar lagi," kata dia.

Jumlah ini, kata Hariyadi, sangat jauh dibandingkan dengan negara-negara Asean lainnya. Thailand memiliki 200.000 jumlah kamar, atau di bawah Indonesia.

Adapun untuk akomodasi, Hariyadi berpendapat Indonesia tinggal menyeimbangkan antara ketersediaan dengan permintaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com