Hanya 11 Persen Devisa Hasil Ekspor yang Dikonversi ke Rupiah

Kompas.com - 14/12/2015, 17:18 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepatuhan perusahaan melaporkan Devisa Hasil Ekspor (DHE) pada 2015 naik hingga 96 persen. Tapi, hanya 11 dari total pelaporan yang mengkonversinya menjadi rupiah.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengharapkan perusahaan juga melakukan konversi DHE ke rupiah.

"Kami harap DHE taruh di Indonesia dalam deposit valas dan lebih baik lagi kalau ditukar dalam rupiah agar ekonomi kita punya valas yang cukup," ujar Agus di Kantor BI, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Sementara untuk aturan insentif penyimpanan DHE di dalam negeri, saat ini terus disiapkan.

Agus mengatakan, sebelum akhir tahun bisa keluar. Penggunaan rupiah dalam setiap transaksi juga masih minum.

Menurut Agus dari total transaksi yang seharusnya menggunakan rupiah, ternyata 70 persen diantaranya justru masih menggunakan dollar.

"Ini harus patuh karena kebijakan penggunaan rupiah di dalam negeri dasarnya undang-undan dan ancamannya tidak sederhana. Di awal tahun sudah akan ada enforcement yang keras," kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.