Tahun Depan, BRI Akan Buka Kantor Cabang di Timor Leste

Kompas.com - 14/12/2015, 18:29 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk mulai menyasar pasar regional dengan membuka cabang di Timor Leste.

Direktur Keuangan BRI Haru Kusumahargyo menjelaskan, perseroan akan menginvestasikan dana yang berkisar antara 2 juta dollar AS hingga 4 juta dollar AS untuk mendukung rencana pembukaan kantor cabang di Timor Leste pada 2016.

"Dana itu untuk membuka jaringan di Timor Leste. Diwajibkan oleh regulatornya untuk menyetor modal dari 2 juta hingga 4 juta dollar AS," kata Haru di Jakarta, Senin (14/12/2015).

Haru menyatakan bahwa jaringan berstatus full-branch tersebut akan beroperasi pada kuartal I-2016.

Menurut Haru, pasar komoditas di Timor Leste cukup menjanjikan, terutama di subsektor pertanian kopi. Sehingga, pembukaan kantor cabang di Timor Leste akan menjadi bisnis yang prospektif.

Tidak hanya itu, perseroan juga berencana mengambil alih 55 persen saham Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd di PT BTMU-BRI Finance. Aksi korporasi ini guna memperkuat integrasi layanan jasa keuangan pada 2016.

"Tahun ini kami memutuskan mengambil perusahaan asuransi (PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera), dan pada tahun depan kami akan fokus ke perusahaan pembiayaan," kata Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam.

Saat ini komposisi kepemilikan saham Bank of Tokyo-Mitsubishi di BTMU-BRI Finance sebesar 55 persen.

Adapun saham sisanya dimiliki oleh Bank BRI. BTMU-BRI Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang fokus pada alat-alat berat.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.