Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Budaya Maritim, Rizal Ramli Ajak 10.000 Anak Muda Ikut Ekspedisi Nusantara

Kompas.com - 15/12/2015, 17:18 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesuksesan Program Ekspedisi Nusantara Jaya 2015, membuat Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli senang.

Tahun depan, mantan Menteri Koordinator Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu berencana mengajak 10.000 anak muda mengikuti program tersebut. Tujuannya, memperkenalkan nusantara dan membangun budaya maritim di kalangan generasi muda.

"Saya minta kalau bisa lebih banyak anak-anak SMA-nya saat liburan sekolah. Agar karakternya, building-nya mulai terbangun sejak SMA," ujar Rizal Ramli usai acara Apresiasi Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 di Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Program ekspedisi nusantara adalah program dari Kementerian Koordinator Kemaritiman. Dalam program itu, sebanyak 200 peserta dipilih secara online untuk mengikuti kegiatan yang dilakukan.

Selama hampir 30 hari hari para peserta diajak mengikuti bebagai kegiatan ekspedisi di 540 pelabuhan di 22 provinsi di Indonesia. Berbagai program misalnya, bakti sosial, penukaran uang yang sudah tak layak, hingga penyediaan pasar murah dilakukan di pulau-pulau terpencil.

"Kita akan lakukan, programnya kita perbaiki, supaya lebih bagus. Kegiatan olahraga, kegiatan membantu masyarakat yang dikunjungi itu tradisi yang bagus sekali," kata Rizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com