Akhir Tahun, Susi Akan Tenggelamkan 40 Kapal Pelaku "Illegal Fishing"

Kompas.com - 15/12/2015, 17:50 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. KOMPAS.com/SRI LESTARI Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti mengumumkan bakal segera menenggelamkan kapal-kapal pelaku pencurian ikan sebanyak 40 unit.

"Akhir tahun kita sedang lokalisir ada 40 penenggelaman (kapal) akhir tahun. Kalau bisa semua yang masih dalam proses bisa inkracht (berkekuatan hukum tetap)," kata Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Selasa (15/12/2015).

Susi tidak menjelaskan secara rinci terkait identitas kapal-kapal pencuri ikan yang akan ditenggelamkan tersebut maupun negara asalnya.

Ia menjelaskan, dari 100 kapal pencuri ikan yang telah ditangkap, 40 atau 50 kapal di antaranya dipastikan akan ditenggelamkan.

Susi pun mengaku belum dapat memastikan apakah kapal Silver Sea 2 yang ditangkap di Laut Arafuru beberapa waktu lalu termasuk kapal yang akan ditenggelamkan Satgas 115.

Akan tetapi, pihaknya akan mencoba mengajukan permohonan kepada pengadilan terkait penenggelaman kapal.

"Belum tahu. Kita akan coba mohon ke pengadilan sebelum diputuskan," ungkap Susi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa waktu lalu, Susi memerintahkan pejabat Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (PSDKP KKP) dan TNI AL untuk menenggelamkan 16 kapal pelaku illegal fishing yang ditangkap selama September 2015.

Susi bahkan meminta penenggelaman itu tak perlu menunggu keputusan pengadilan.

Dia menjelaskan, 16 kapal pelaku illegal fishing itu sudah jelas terbukti melanggar UU No. 45 Tahun 2009. Penggelaman kapal tanpa menunggu keputusan hukum kata Susi diperbolehkan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.