Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Dunia Proyeksikan Tahun Depan Ekonomi RI Tumbuh Lebih Baik

Kompas.com - 16/12/2015, 12:00 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Dunia memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan akan mencapai 5,3 persen. Angka itu lebih tinggi dari proyeksi pertumbuhan 2015 yang hanya 4,7 persen.

Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia, Ndiame Diop, menyebutkan, kenaikan itu didorong oleh konsumsi publik yang meningkat serta belanja pemerintah.

Kenaikan belanja pemerintah ini akan mendorong investasi swasta. "Selain itu kondisi luar negeri huga sedang membaik secara perlahan," ucap Ndiame di Gedung Energi, Jakarta Selasa (15/12/2015).

Bank Dunia sendiri mencatat pada kuartal tiga tahun 2015 ini,  Pendapatan Domestik Bruto (PDB) riil Indonesia tumbuh 4,7 persen. "Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh kenaikan belanja sebesar 49,8 persen di sektor publik pemerintah. Baik untuk konsumsi modal atau konsumsi," ujar dia.

Ndiame menyebutkan, untuk tahun 2015 ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 4,7 persen.  Angka ini turun dibandingkan tahun 2014 yang mencapai 5,0 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com