Bank Dunia Proyeksikan Tahun Depan Ekonomi RI Tumbuh Lebih Baik

Kompas.com - 16/12/2015, 12:00 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Dunia memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan akan mencapai 5,3 persen. Angka itu lebih tinggi dari proyeksi pertumbuhan 2015 yang hanya 4,7 persen.

Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia, Ndiame Diop, menyebutkan, kenaikan itu didorong oleh konsumsi publik yang meningkat serta belanja pemerintah.

Kenaikan belanja pemerintah ini akan mendorong investasi swasta. "Selain itu kondisi luar negeri huga sedang membaik secara perlahan," ucap Ndiame di Gedung Energi, Jakarta Selasa (15/12/2015).

Bank Dunia sendiri mencatat pada kuartal tiga tahun 2015 ini,  Pendapatan Domestik Bruto (PDB) riil Indonesia tumbuh 4,7 persen. "Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh kenaikan belanja sebesar 49,8 persen di sektor publik pemerintah. Baik untuk konsumsi modal atau konsumsi," ujar dia.

Ndiame menyebutkan, untuk tahun 2015 ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 4,7 persen.  Angka ini turun dibandingkan tahun 2014 yang mencapai 5,0 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.