Jokowi: Indonesia Harus Manfaatkan Rivalitas AS-Jepang-China

Kompas.com - 16/12/2015, 12:39 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta agar rivalitas antara Amerika Serikat-Jepang-China dimanfaatkan untuk kepentingan nasional.

Kepala Negara menginginkan agar Indonesia menyiapkan diri untuk ambil bagian dalam rivalitas tersebut.

"Manfaatkan rivalitas ini untuk kepentingan nasional kita," kata Jokowi saat memberi pengarahan dalam rapat pimpinan TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Jokowi mengungkapkan, Jepang dan China kini sudah menjelma menjadi negara yang kuat dari sisi ekonomi. Ia menilai, Indonesia diuntungkan karena letak geografis yang diapit oleh negara-negara besar seperti AS, Jepang, dan China.

"Sekarang kenyataan terjadi rivalitas itu. Dan kita berada pada pusaran pertarungan itu," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, persaingan ke depan akan meningkat dan terfokus pada sumber daya maritim, energi, serta pangan. Indonesia memiliki itu semua, dan Jokowi berharap sumber daya nasional mampu mengelolanya agar keuntungan besarnya dapat dirasakan masyarakat.


Karena itu juga, kata Jokowi, Indonesia harus bergabung dengan blok perdagangan internasional.

Ia menilai bergabung dengan blok perdagangan sebagai kenyataanyan yang tidak dapat ditolak karena akan meningkatkan daya saing produk nasional di pasar internasional.

"Strategi harus dihitung, mana yang paling menguntungkan pada kepentingan nasional kita," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.