Kompas.com - 16/12/2015, 13:04 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berharap para investor yang menempatkan dananya di deposito perbankan dapat mengalihkan investasinya ke saham.

Menurut Direktur BEI Alpino Kianjaya, penempatan dana investasi di saham akan memberikan keuntungan yang lebih baik.

Dia memaparkan, pemilik modal yang berinvestasi di instrumen saham dalam jangka panjang, tentu saja akan meraup keuntungan lebih besar dibandingkan dengan penempatan di deposito perbankan.

"Menabung di saham bukan spekulasi, tetapi kita harus berpikir investasi jangka panjang. Sekarang orang menilai bahwa menabung uang itu hanya di bank," ujar Alpino di Bursa Efek Indonesia, Rabu (16/12/2015).

Ia mengatakan, dengan menyimpan dana di deposito, yang lebih banyak mendapatkan keuntungan adalah perbankan. Sedangkan investor hanya mendapatkan bunga deposito saja.

"Akan tetapi, jika kita berinvestasi di saham, maka kita bisa memiliki bank tersebut dengan membeli sahamnya. Bahkan, selain kita mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham, kita juga bisa mendapatkan dividen," ungkap Alpino.

Alpino memaparkan, guna meningkatkan pemahaman masyarakat untuk berinvestasi di saham, sejauh ini BEI secara agresif dan simultan melakukan edukasi dan sosialisari ke publik, terutama perguruan tinggi.

Dia mengatakan, selain untuk meningkatkan kapitalisasi pasar, pergeseran investasi tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan jumlah investor.

"Saat ini investor Indonesia sangat minim, hanya 430 ribu investor tercatat," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.