Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Fed Naikkan Suku Bunga Acuan, Apa Kabar BI Rate?

Kompas.com - 17/12/2015, 11:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve baru saja mengumumkan kenaikan suku bunga acuan atau Fed fund rate menjadi 0,25-0,5 persen setelah sebelumnya 0 persen sejak tahun 2006.

Lantas, apakah Bank Indonesia (BI) juga perlu untuk melakukan penyesuaian suku bunga?

Ekonom Purbaya Yudhi Sadewa menyatakan, The Fed hanya akan menaikkan bunga secara bertahap dan perlahan-lahan. Hal ini seharusnya tidak perlu dikhawatirkan oleh pasar finansial.

Akan tetapi, ia menyatakan bahwa BI sebaiknya dapat menurunkan BI rate. Tujuannya adalah agar perekonomian dapat tumbuh lebih cepat.

Penurunan suku bunga, kata Purbaya, tidak akan membuat dana atau investasi asing keluar dari Indonesia.

"Kalau ekonomi kita bisa tumbuh lebih cepat karena bunga diturunkan karena kebijakan fiskal berjalan lebih cepat, harusnya investor asing akan investasi lagi di sini," ujar Purbaya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/12/2015).

Menurut Purbaya, dengan menurunkan suku bunga acuan, maka investor asing akan kembali tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Dengan mengalirnya dana yang masuk tersebut, maka nilai tukar rupiah pun akan menguat dan perekonomian nasional dapat tumbuh lebih cepat.

Dalam pengumumannya Rabu (16/12/2015) waktu setempat atau Kamis dini hari (17/12/2015) waktu Indonesia, The Fed mengumumkan kenaikan suku bunga acuan menjadi 0,25-0,5 persen.

Kenaikan suku bunga acuan dilakukan dengan mempertimbangkan membaiknya perekonomian AS. Diharapkan suku bunga acuan tersebut akan terus naik hingga tahun depan di level 2,4 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com