BRI Pimpin Sindikasi Kredit untuk PLN Rp 12 Triliun

Kompas.com - 17/12/2015, 16:37 WIB
Ilustrasi transmisi listrik KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOIlustrasi transmisi listrik
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mempimpin sindikasi untuk pemberian kredit bagi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) senilai Rp 12 triliun.

Bank-bank yang terlibat dalam sindikasi ini adalah Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI).

Dana yang diberikan digunakan untuk belanja modal PLN tahun 2015 dan 2016. Dalam sindikasi ini, BRI menjadi pimpinan sindikasi sekaligus agen fasilitas, dan agen penampungan dengan fasilitas pemberian kredit sebesar Rp 5 triliun.

Sementara itu, Bank Mandiri memberikan kredit dengan plafon sebesar Rp 3 triliun. Adapun Bank BNI Rp 2,5 trliun, Bank BCA, LPEI, dan PT SMI masing-masing sebesar Rp 500 miliar.

"Kerjasama ini merupakan wujud sinergi Bank BRI bagi BUMN energi untuk terus mengembangkan usahanya dalam rangka mendorong pembangunan infrastruktur Indonesia," kata Sekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga dalam keterangan resminya, Kamis (17/12/2015).

Fasilitas kredit sindikasi Capex 5 PLN 2015 merupakan fasilitas tahunan yang diberikan Bank BRI untuk digunakan oleh PLN dalam skema pembiayaan kredit investasi.

Sejak pembiayaan Capex 1 dari tahun 2011 hingga Capex 5 2015, total plafon yang diberikan oleh BRI kepada PLN sebesar Rp 24 triliun, termasuk tambahan Rp 5 triliun yang baru saja ditandatangani.

Pembiayaan ini rencananya akan digunakan PLN sebagai pembiayaan perusahaan (corporate loan) untuk keperluan investasi sesuai dengan RKAP tahun 2015 dan tahun 2016, salah satunya adalah untuk menunjang target investasi penambahan daya sebesar 35.000 megawatt.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.