Ada Pelonggaran Kebijakan Moneter, BI Pertimbangkan Penyesuaian Suku Bunga

Kompas.com - 17/12/2015, 21:36 WIB
Gedung Bank Sentral Amerika (The Fed). Dok Kontan.co.idGedung Bank Sentral Amerika (The Fed).
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa kebijakan bank sentral AS atau Federal Reserve dalam menaikkan suku bunga acuan atau Fed fund rate memicu adanya ruang untuk pelonggaran kebijakan moneter ke depan. Salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan adalah penyesuaian suku bunga.

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung, bank sentral memandang pada tahun 2016 The Fed akan menaikkan suku bunga hingga 100 basis poin. Akan tetapi, pasar memandang kenaikan sekitar 50 hingga 75 basis poin, lebih dovish dari The Fed. "Ini menjadi satu pertimbangan kami yang meyakinkan ruang bagi pelonggaran kebijakan moneter ke depan semakin terbuka. Bentuknya apa, tentu saja instrumen kebijakan bisa secara kuantitatif, bisa secara price atau suku bunga. Tentu dua-duanya jadi pertimbangan terhadap keputusan di Januari," kata Juda di Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Lebih lanjut, Juda menyatakan bahwa meski kenaikan suku bunga The Fed sudah diprediksi dan pasar telah melakukan price in,  bank sentral tetap melakukan monitor. Kemudian, BI akan melakukan evaluasi secara keseluruhan terhadap data dan kinerja perekonomian secara keseluruhan. "Januari akan dievaluasi, data inflasi sudah keluar, data current account akan komplit. Januari akan kita review kembali terhadap perkembangan yang ada," ungkap Juda.

Dalam pengumumannya Rabu (16/12/2015) waktu setempat atau Kamis dini hari (17/12/2015) waktu Indonesia, The Fed mengumumkan kenaikan suku bunga acuan menjadi 0,25-0,5 persen. Kenaikan suku bunga acuan dilakukan dengan mempertimbangkan membaiknya perekonomian AS. Diharapkan suku bunga acuan tersebut akan terus naik hingga tahun depan di level 2,4 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.