Menperin Optimistis Tahun Depan Industri Non-migas Tumbuh 6 Persen

Kompas.com - 18/12/2015, 18:18 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin optimistis, pertumbuhan sektor industri akan lebih baik pada tahun 2016 mendatang. Selain itu, dampak berbagai paket kebijakan pemerintah diperkirakan akan dirasakan pada 2016 dan mendorong kinerja industri.

Sektor industri non-migas diproyeksikan dapat tumbuh 5,7 persen hingga 6,1 persen dengan didukung oleh peningkatan investasi pada kelompok industri tertentu yang terjadi pada 2014 dan 2015.

"Bahkan, jika upaya-upaya maksimal bisa dilakukan, industri non-migas diperkirakan bisa tumbuh di atas 6 persen," ujar Saleh di Jakarta, Jumat (18/12/2015).

Saleh menjelaskan, sektor manufaktur diyakini menjadi motor penggerak pertumbuhan industri nonmigas. Sektor tersebut meliputi industri kimia, farmasi, dan obat tradisional; industri barang logam dan peralatan listrik; industri makanan dan minuman; serta industri mesin dan perlengkapan.

Pertumbuhan relatif tinggi diperkirakan juga terjadi pada kelompok industri kimia, farmasi, dan obat tradisional sebesar 8,5-8,7 persen. Adapun industri makanan dan minuman diperkirakan tumbuh 7,4-7,8 persen.

Pertumbuhan industri kimia dasar didorong oleh naiknya kebutuhan bahan kimia dari berbagai kelompok industri, seperti industri plastik yang diperkirakan naik sekitar 8 persen dan semen yang diproyeksikan meningkat 10-14 persen.

Pertumbuhan yang juga relatif tinggi diperkirakan akan dicapai industri barang logam, komputer, barang elektronik, optik, dan peralatan listrik yang diperkirakan dapat tumbuh 8-8,2 persen.

Adapun industri barang logam bukan mesin dan peralatan diprediksi akan memiliki andil terbesar dalam menyumbang pertumbuhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.